Peserta Pesta Rakyat Anjala Ombong Membludak, Akibatkan Kemacetan Parah

0

Pesta Rakyat Anjala Ombong

Selayarnews.com –  Pesta rakyat Anjalaombong yang digelar di muara Sangkulukulu kecamatan Bontosikuyu, minggu 22/07/2018 mengakibatkan kemacetan parah Sejak pagi sekitar pukul 11.00 Wita sampai saban sore hari.

Kondisi jalan poros yang tergolong sempit ditambah cara pengunjung memarkir kendaraannya membuat kemacetan di poros satu satu akses menuju ujung selatan pulau selayar tidak dapat dihindari.

Dari pantauan,  Salah satu pengunjung pesta Anjalaombong, Zukri mengatakan

“Sudah 3 jam saya disini sejam jam 11 pagi tadi tapi jam 2 siang saya masih ditengah kemacetan”, Kesal Zukri.

Zukri menyesalkan kelambanan instansi terkait mengatasi macet ini.

“Ini kan acara tahunan, Setiap tahun diadakan, Kenapa pelaksana kegiatan tidak mengantisipasi kemacetan ini. Sudah tau jalanan kecil tapi parkir motor dan mobil dibiarkan di pinggir jalan”, ketus zukri.

Hal senada juga disampaikan Ali. “Ini petugasnya mana, kenapa cara atur jalanan kayak begini. Kita tidak menyesalkan acaranya karena ini pesta rakyat, pestanya masyarakat selayar tetapi kemacetan begini tidak usahkan terjadi, kata Ali.

Berbeda dengan zukri dan ali, Ismail menanggapi berbeda dengan kemacetan ini.

“Iya pak saya sudah 3 jam lebih disini tapi biarlah toh ini selebrasinya masyarakat juga. Baru tahun ini terjadi macet parah di perayaan Anjalaombong. Ini menandakan masyarakat semakin makmur karena sudah banyak kendaraan yang bikin macet. Semoga tahun depan bisa macet lagi”, kata Ismail sambil bergurau.

Ribuan pengunjung memadati Pesta Anjalaombong. Pesta rakyat yang digelar dengan menangkap ikan jenis ikan lompa (istilah orang selayar) di muara sangkulukuku ini diikuti ribuan masyarakat dari anak anak sampai dewasa.

Gelaran pesta ini diselenggarakan setiap tahunnya dan dilaksanakan meriah serta dihadiri masyarakat dari utara sampai selatan pulau selayar dan para pejabat didaerah ini. (R)