Polres Kepulauan Selayar Tetapkan Perairan Gusung Sebagai Zona Wisata Diving

Polres Kepulauan Selayar Tetapkan Perairan Gusung Sebagai Zona Wisata Diving

Selayarnews.com – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar menggenjot sektor pariwisata sebagai perioritas pembangunan Polres Kepulauan Selayar menetapkan Zona Wisata Diving.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Eddy Suryanta Tarigan,S.Ik menetapkan laut Gusung Desa Bontolebang sebagai daerah zonasi wisata Diving. Seluas 5 HA sudah ditetapkan dan akan dilindungi dari segala aktifitas masyarakat baik nelayan maupun yang lainnya.

” Area sekitar 5 Hektar ini kita sudah survey secara bertahap, ada terumbu karang dan aneka Biota laut yang sangat potensial. Oleh karenanya kami sudah koordinasi dengan Pemkab Kepulauan Selayar dalam hal ini Pak Bupati untuk dijadikan area /zona wisata dan Pemerintah mendukung” Ujar Kapolres Kepulauan Selayar.

“Ini Progres sederhana, kita uji secara bertahap mulai dari perkembangan ikan dan biota -biota yang ada, tingkat kunjungan, kepedulian dan manfaat yang diperoleh secara periodik. Zona wisata Diving Gusung ini diprogres menjadi Zona Diving terdekat dan terjangkau. Ini adalah Progres dan saya percaya bahwa Wisata adalah masa depan kita di Selayar, arah sudah Jelas, kita berbuat bersama dari hal-hal kecil tapi jika dilakukan bersama akan menjadi besar. Wisata juga adalah merupakan solusi yang paling tepat untuk jangka panjang untuk menghentikan kegiatan Destruktif dan Ilegal Fishing di Kabupaten Kepulauan Selayar. ” Demikian Pesan Kapolres.

Polres Kepulauan Selayar juga akan menggandeng TNI, Polair, Dinas Perikanan dan instansi terkait untuk sama sama melindungi daerah zonasi yang telah ditetapkan.

Daerah yang telah ditetapkan sebagai Zonasi ini akan dipasangi MarineBoui sebagai area wisata penyelaman dan tidak diperkenankan lagi melakukan aktifitas yang merusak ekosistem bawah laut.

Selain sebagai zonasi wisata diving pulau gusung juga merupakan kawasan konservasi perairan daerah.

Kebijakan ini diharapkan didukung oleh semua pihak dan bisa diikuti oleh semua Desa Kecamatan untuk menetapkan zonasi laut minimal 1 HA disetiap desa yang harus dijaga sehingga kelestarian biota laut terjaga.

****

AS

banner 468x60
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d blogger menyukai ini: