Program Gratis Pakaian Sekolah Akan Direalisasikan Bulan Agustus

Program Gratis Pakaian Sekolah Akan Direalisasikan Bulan Agustus

Selayarnews.com – Program perioritas Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar satu persatu mulai dilaksanakan. Salah satunya adalah program pemberian pakaian sekolah tas, sepatu, dan alat tulis untuk siswa akan segera terealisasi.

Hal ini diungkapkan oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Selayar Drs.Mustakim Kr, M.MPd dalam konferensi Pers “Progres Program Gratis Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar” di ruang rapat pimpinan Sekretariat Daerah.

Dalam paparannya Mustakim menyampaikan bahwa pemerintah menyediakan anggaran sebesar 2 Milyar untuk merealisasikan program ini.

“Awalnya kita menyiapkan anggaran kurang lebih 5 Milyar untuk pakaian gratis bagi SD, SMP dan SMA/SMK namun karena perubahan undang undang sehingga SMA/SMK menjadi kewenangan provinsi maka kita kurangi anggarannya menjadi 2 Milyar dan sisa anggarannya kita alihkan ke program lain untuk peningkatan mutu pendidikan” Ungkap Mustakim.

Dalam perencanaan sedianya program ini direalisasikan di hari pertama tahun ajaran baru namun karena proses pengadaan harus melalui proses lelang maka harus mundur sampai minggu pertama bulan Agustus.

Untuk tahap awal Dinas Pendidikan sudah melakukan pendataan terhadap siswa yang tidak mampu yang akan masuk Sekolah Dasar dan yang akan masuk ke Sekolah Menengah Pertama dilanjutkan dengan proses sosialisasi pelaksanaan program ke sekolah sekolah.

“Dari data yang berhasil dikumpulkan maka kurang lebih 3000 siswa yang akan menerima program gratis ini. Adapun persyaratannya antara lain harus mendapat surat keterangan tidak mampu dari Desa/Kelurahan. Selain itu penerima bantuan bukanlah berasal dari penerima bantuan sejenis seperti program Indonesia Pintar. Jadi penerima program Indonesia Pintar tidak dibenarkan mendapat program gratis ini” tutur Mustakim.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga meminta kepada masyarakat untuk bersabar sehingga realisasi ini bisa berjalan lancar dan terealisasi dengan baik.

“Saya sudah menandatangani komitmen di depan Bupati Kepulauan Selayar siap mundur dari jabatan jika program ini tidak terealisasi sampai Agustus” tutup Mustakim.

****

DA

%d blogger menyukai ini: