Selayarnews.com – Seiring dengan banyaknya Aplikasi Game Gedget dan Permainan barbasis online lainnya, permainan rakyat merupakan yang warisan budaya kian menipis. Anak-anak menjadi lebih banyak bermain dengan dunia maya. Untuk mencegah hal tersebut di Kabupaten Kepulauan Selayar  Permainan Rakyat kembali diperagakan dalam Kontes Perlombaan.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka HUT RI Ke-71 tersebut dikemas dalam bentuk Perlombaan Olah raga rakyat tingkat sekolah SMA, SMP dan SD, yang berlangsung di Lapangan  Pemuda Benteng Selasa 09/8.

Permainan A’longgak, A’kakdaro, dan Makkolong  yang diperlombakan tersebut mengundang perhatian warga disekitar Kota Benteng. 

A’longgak adalah jenis permainan rakyat yang lebih dikenal dengan egrang. Egrang merupakan 2 buah tongkat dari bahan bambu atau kayu yang panjangnya biasa sekitar 3 meter dimana, dibagian tongkat tersebut dipasangi tangga sebagai tempat berdiri.

Hampir sama dengan dengan a’longgak, permainan A’ka’daro ini memainkan tempurung kelapa yang telah dibelah menjadi 2 bagian dan dibagian tengahnya diikatkan seutas lagi. 

Kabag Ops Polres Kepulauan Selayar Kompol Muh. Thamrin, SH yang memimpin personil Polres Kepulauan Selayar mengamankan jalannya kegiatan mengaku senang menyaksikan permainan rakyat tersebut.

“Ini sudah jarang dilakukan, dan sebenarnya menyenangkan sekali, menyaksikan ini membuat kita seperti, kembali merasakan keceriaan masa kecil”, Kenangnya

Dari pantauan Selayarnews,  Peserta maupun penonton sangat senang dan gembira menyaksikan acara ini. (As)