Tidak Mau Ketinggalan, Gabungan Pemuda Selayar Ambil Bagian Dari Gerakan Menghadap Ke Laut

0
Gerakan Menghadap ke Laut di Selayar

Gerakan Serentak Menghadap ke Laut di Selayar

Selayarnews.com – Minggu 19 Agustus 2018 merupakan hari gerakan serentak “Menghadap Ke Laut” yang diinisiasi oleh menteri Susi dan beberapa publik figur seperti Kaka Slank dan beberapa artis lainnya.

Gerakan “Menghadap kelaut pada tanggal 19 Agustus 2018 berupa gelaran aksi nasional bersih bersih pantai di 73 Titik perairan Indonesia secara serentak dan bagian dari pandu laut.

“Bagaimana kita akan menuju komitmen Indonesia untuk mengurangi 70% sampah plastik di laut Indonesia di tahun 2025 kalau kita tidak mulai dari sekarang membersihkan wilayah pantai pantai dan wilayah pesisir kita? Himbau Susi Pujiastuti.

Tidak mau ketinggalan Gabungan Pemuda di Kabupaten Kepulauan Selayar turut ambil bagian dari gerakan Nasional ini. Berbagai organisasi kepemudaan antara lain Iskindo SulSel, GEMA Keadilan, Pass15a, PMI Selayar, PMR Selayar, Dinas Kelautan dan Perikanan Selayar, Fortanas, KNPI Selayar, Fantasi, PNB dan HPMKS bergerak bersama membersihkan pesisir pantai kota Benteng.

Mengambil Titik Kumpul di Taman Pelangi Kota Benteng, Ratusan Pemuda ini bergerak bersama membersihkan pesisir pantai dalam Kota Benteng. Kegiatan ini berlangsung dari jam 08.00 – 11.00 Wita.

Ancu dg Cambang dari Iskindo menjelaskan bahwa mereka mengambil bagian dari Gerakan Nasional “Menghadap ke Laut” ini sebagai kampanye untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut.

“Kami melakukan aksi bersih pantai ini dimulai dari Taman Pelangi sampai di Plaza Marina karena kami berfikir di lokasi ini masih banyak sampah dan lokasi ini merupakan icon kota Benteng Selayar. Kami berharap gerakan ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan mencintai laut dengan tidak membuang sampah ke Laut” Harap Alumni Perikanan Unhas ini.

Selain gerakan bersih pantai dalam kegiatan ini juga dilakukan penggalangan dukungan berupa tanda tangan dari seluruh elemen masyarakat sebagai komitmen bersama untuk tidak membuat sampah ke Laut.

Gerakan Menghadap ke Laut di Selayar
Wakil Bupati Selayar Dr.H.Zainuddin,SH.,MH juga turut ambil bagian menandatangi komitmen menjaga laut

Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr.H.Zainuddin,SH.,MH juga turut serta menandatangani komitmen bersama guna menjaga kelestarian laut.

Selain di dalam Kota Benteng, Gerakan Menghadap Ke Laut juga dilakukan di beberapa titik di Kabupaten Kepulauan Selayar antara lain Pantai Pa’badilang dan Kampung Penyu yang merupakan Icon Wisata Kabupaten Kepulauan Selayar.

****

Da