Wakil Bupati Kepulauan selayar Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional di Selayar

0

Upacara Hari Pendidikan Nasional

Selayarnews.com – Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin 2 Mei 2018 berlangsung di Lapangan Pemuda Benteng.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., membacakan pidato seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Upacara yang dilaksanakan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Selayar diikuti oleh siswa sekolah tingkat SD, SLTP, SLTA, serta jajaran PNS Lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Hadir Sekda Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD serta undangan lainnya.

“Peringatan Hardiknas kali ini kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan,” kata Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., membacakan pidato seragam Mendikbud RI.

Kendati demikian kata Wabup Kepulauan Selayar, dalam waktu yang bersamaan perlu menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan.

Dikemukakan pada peringatan Hardiknas 2018, perlu merenung untuk menengok ke belakang melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, yang kemudian bergegas melangkah ke depan guna mencapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.

Terkait dengan hal tersebut guru, orang tua dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia.

“Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat peresmian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa,” kata Wabup Kepulauan Selayar.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi, tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia, serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat,” jelas Wabup Kepulauan Selayar menutup pidato seragam Mendikbud RI. (FIRMAN)